Jumat, 07 November 2014

Do’s dan Don’ts Hari Pertama Kerja

Sudah hampir memasuki tahun 2015 ya, waktu terasa cepat berlalu. Bagi aku dan teman-teman seangkatan hampir semua menganggap tahun 2015 merupakan tahun keramat dan dinanti dengan berbagai perasaan. Yup, target teman-teman seangkatan dan tentunya saya pribadi adalah segera menyelesaikan pendidikan perguruan tinggi alias wisuda (amiin) dan dilanjutkan dengan rencana kerja ataupun menikah, hihi. Nah disini aku mau coba share sedikit artikel mengenai hal apa saja yang wajib dilakukan (DO’S) dan hal yang tidak boleh dilakukan (DON’TS) di hari pertama kerja. Semoga bermanfaat ya! J

                                                                 -DO’S-
Sopan
Jika anda menunjukkan sikap sopan dan rendah hati, maka rekan kerja anda akan manruh respek terhadap anda. Sopan disini berarti anda bersikap wajar dan bukan merendahkan diri walaupu predikat anda adalah “Anak Baru”.

Ingat Nama Rekan Kerja
Ini merupakan bagian penting, karena biasanya anad akan diajak berkeliling oleh bagian personalia untuk berkenalan seisi kantor. Minimal anda harus menghafal rekan kerja yang berhubungan dengan pekerjaan anda.

Berbaur
Ini penting untuk kelangsungan anda di kantor tersebut karena anda pasti akan berurusan dengan rekan kerja. Karenanya pupuklah hubungan yang harmonis dengan rekan kerja agar seluruh pekerjaan tidak terhambat hanya karena hubungan yang kurang harmonis.

Rapikan Meja Kerja
Sempatkanlah merapikan meja kerja anda agar tercipta kenyamanan bekerja dan juga menimbulkan kesan yang baik di mata rekan kerja.

Urus Semua keperluan
HRD akan menyiapkan keperluan-keperluan anda seperti ID Card, Access Card dan lainnya yang akan dibutuhkan. Urus hal tersebut sesegera mungkin agar tidak mengganggu pekerjaan anda di hari berikutnya.

- DON’TS -
Terlalu Banyak Bicara
Terlalu banyak bicara di hari pertama akan menimbulkan kesan buruk di mata rekan kerja. Rekan kerja akan malas berhubungan dengan anda karena terlalu banyak bicara apalagi jika anda membicarakan hal – hal yang tidak penting dan hanya membuat ruangan menjadi berisik.

Sombong
Jangan bersikap sombong karena tidak ada satupun di muka bumi ini yang nymana dengan orang sombong. Bukan respek yang akan anda dapatkan tapi justru sikap tidak peduli.

Terlihat Malas
First Impression sangatlah penting. Karena itu, tunjukkan kesan bahwa kantor tidak salah mempekerjakan anda.

Mengeluh Soal Kantor
Sebagai “anak baru” haram hukumnya jika anda mengeluh soal kantor baru, baik fasilitas atau sikap sang bos. Itu akan berakibat bumerang bagi anda.

Bergosip
Membicarakan orang lain yang belum anda kenal di lingkungan kerja sama saja dengan bunuh diri. Bisa saja orang yang anda gosipkan merupakan teman dekat dari orang yang anda gosipkan. Jadi lebih baik “main aman” di hari pertama anda bekerja.


Sumber : Majalah Marketeers edisi Desember 2013/ Januari 2014 (Double Issue) halaman 178.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar