Senin, 21 Januari 2013

Bisnis Berbasis Lingkungan,Yuk!


Di dalam dunia bisnis memang kita menggunakan prinsip mencari keuntungan sebesar-besarnya dengan modal yang sekecil-kecilnya dengan menggunakan sumber daya alam yang tersedia.Sumber daya tersebut inilah yang terus menerus kita eksplor dan kita seringkali lupa untuk melestarikannya kembali.Padahal kelestarian lingkungan harus kita jaga untuk menjaga kelangsungan bahan baku untuk usaha kita.

Menyikapi hal tersebut, maka tahun 2012 ditetapkan sebagai International Year of Sustainable Development oleh Persatuan Bangsa-Bangsa khususnya UNESCO. Selain itu, penetapan ini juga berkaitan dengan persiapan menuju Rio 20+ di Brazil tahun 2012. kompetisi bisnis yang mengusung konsep-konsep dari Sustainable Development (eco-preneurship). Tema dari acara ini ialah "Switch Your Business into Green!" dengan target peserta para wirausaha muda berusia 15–30 tahun.

Berikut Tiga Finalis Terbaik Greenpreneurship Challenge 2012 :

1.Septian Suryo dengan bisnis Sabun Mars.
Bisnisnya yang memanfaatkan limbah minyak goreng dan limbah gelas plastik untuk membuat sabun mandi baik padat maupun cair berhasil menarik perhatian juri dan seluruh hadirin.
septian dengan sabun mars karyanya


2.Desty D. Sulistyowati dengan bisnis Amuraki.
Desty menghasilkan makanan ringan yang terbuat dari ubi manis. Selain melihat dari kekayaan serat dan manfaatnya bagi tubuh, penilaian juga melihat dari komposisi rasa snack ini.
Desty dan Amuraki karyanya


3.Mahendra Ega dengan bisnis Sego Njamoer.
 Makanan yang berbentuk onigiri dengan isi jamur ini digadang-gadang sebagai jajanan sehat bergizi yang tentunya juga pas untuk ukuran dompet mahasiswa.
Mahendra,pengusaha sego njamoer

Semoga dengan adanya event seperti ini dapat terus memacu para pengusaha untuk tetap memperhatikan kelestarian lingkungan.

sumber : 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar