Kamis, 30 Oktober 2014

Sedikit Tentang Negeri 5 Menara

Alhamdulillah, satu kata itu yang bisa aku ucapkan saat memasuki awal-awal kuliah semester 7. Bersyukur berhasil juga melewati Penulisan Ilmiah (PI) di semester 6 yang lumayan melelahkan diantara kesibukan organisasi kampus dan di luar kampus (cailaah..). Perasaan waktu cepat banget berlalu nya. Perasaan baru masuk jadi maba alias mahasiswa baru universitas ini, sekarang udah ada di tingkatan akhir aja.

Mengingat banyak banget hal di tingkat akhir ini, kadang-kadang mood juga berubah cepet banget rasanya, dari perasaan semangat harus kelar dan wisuda 2 semester lagi (biar cepet dapet kerja dan jodoh, haha) sampe mood yang jelek banget yaitu males dan berasa bosen dengan rutinitas tugas dan presentasi yang entah kenapa banyak banget.

Organisasi kampus dan luar kampus niat banget dikurangin dan fokus kuliah, tapi kok bosen ya. Akhirnya aku coba deh ngelakuin hobi aku dari jaman baheula yaitu baca (gak heran minus matanya jadi sampe 8,hiks). Berkelana lah ke perpus buat pinjem buku yang kira-kira belom pernah baca, soalnya buku di rumah udah dibaca semua dan belum ada duit buat beli baru haha. Akhirnya aku nemuin buku Negeri 5 Menara karya Anwar Fuadi yang aku tau sempet sudah di film kan dan juga jadi National Best Seller. Setelah pinjem, masya Allah bener-bener cocok buat mahasiswa-mahasiswi yang lagi kendor semangat belajarnya.


Singkat cerita buku ini adalah dimana kisah persahabatan 5 orang yang berasal dari daerah yang berbeda pula disaat mereka menuntut ilmu di Pondok Modern Gontor. Buku yang diambil dari kisah nyata penulis nya ini menggambarkan sistem pendidikan pondok pesantren yang modern, menjawab pertanyaan aku banget yang emang dari dulu penasaran dengan sistem pendidikan di pesantren. Yang paling keren adalah disini semua wajib berbahasa inggris dan Arab, sulit awalnya, tetapi tim pengajar disana juga punya sistem belajar yang oke banget. Sulit tetapi mereka selalu mendasari apapun dengan keikhlasan (ikhlas itu paling susah aku rasa sampai sekarang). Mungkin aku juga akan berbagi hadist, kata mutiara/pepatah dan juga doa yang ada di buku ini yang berhubungan dengan menuntut ilmu. Semoga bermanfaat ya teman-teman, dan tetap semangat biar kita wisuda bareng-bareng J

Kata mutiara dari Imam Syafii, ulama terkenal ini diajarkan kepada siswa tahun keempat di Pondok Modern Gontor

Orang berilmu dan beradab tidak akan diam di kampung halaman
Tinggalkan negerimu dan merantaulah ke negeri orang
Merantaulah, kau akan dapatan pengganti dari kerabat dan kawan
Berlelah-lelah , manisnya hidup terasa setelah berjuang

Aku melihat air menjadi rusak karena diam tertahan
Jika mengalir menjadi jernih, jika tidak, kan keruh menggenang

Singa jika tak meninggalkan sarang tak kan dapat mangsa
Anak panah jika tak tinggalkan busur tak kan kena sasaran

Jika matahari di orbitnya tidak bergerak dan terus diam
Tentu manusia bosan padanya dan enggan memandang

Bijih emas bagaikan tanah biasa sebelum digali dari tambang
Kayu gaharu tak ubahnya seperti kayu biasa
Jika di dalam hutan.

Hadits :
                                                Innallaha jamiil wahuwa yuhibbul jamal                                                  “Sesungguhnya Tuhan itu indah dan mencintai keindahan.”

Kata mutiara / Pepatah Arab :
                                                                     Man jadda wajada                                                                         Siapa yang bersungguh-sungguh, akan berhasil!

                                                     Kulil haqqa walau kaana murran                                                     Katakanlah kebenaran walau itu pahit

                                                                     Man shabara zahafira                                                                 Siapa yang bersabar akan beruntung   
   
                                                                Uthlub ilma minal mahdi ila                                                                Tuntutlah ilmu dari buaian sampai liang lahat

                                                               Man thalabal ‘ula sahiral layali                                                                                                 Siapa yang ingin mendapatkan kemuliaan, maka                                                bekerjalah sampai jauh malam

                                                  Kallukum ra’in wakullukum masulun an raiyatihi                                                                                    Setiap orang itu pemimpin, dan setiap orang                                                       bertanggungjawab atas apa yang dipimpinnya

                                                            Saajtahidu fauqa mustawa al akhar                                                                                     Bahwa aku akan berjuang dengan usaha di atas rata-rata yang                                    dilakukan orang lain

Doa :
                                                 Allahumma zidna ilman war zuqna fahman                                                     “Tuhan tambahkan ilmu dan anugerahkanlah pemahaman.”

                 Allahumma alaina hikmatan wansur alaina birahmatika ya arrhamarrahimin                    “Tuhan Kami, bukakanlah kepada kami hikmah dengan rahmatMu, wahai Sang Maha Pengasih.”

                                                     Allahumma iftah alaina hikmatan                                                       “Tuhan mohon bukakan pintu hikmah dan ilmuMu buatku.”

                                                      Rabbi zidni ilman wazuqni fahman                                                             
“Tuhan tambahkanlah ilmuku dan berkahilah aku dengan pemahaman.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar