Minggu, 13 November 2011

WONDERFUL PLACE OF INDONESIA

Selamat pagiiii.. gimana semua kabarnya?apakah baik?Risa harap semua baik yaa J Buat yang lagi bĂȘte atau lagi bosan,pas banget ni baca postingan Risa kali ini,soalnya Risa bakal ngebahas soal tempat-tempat wisata alam Indonesia yang keren banget buat dikunjungi.Dan yang pastinya selain untuk wisatawan lokal seperti kita,tempat ini pun pastinya bakal menarik para wisatawan asing juga.Kenapa? kok bisa?hem,percaya atau gak,lokasi-lokasi wisata indah yang bakal Risa bahas ini mempunyai karakteristik yang mirip dengan lokasi wisata alam di luar negeri.Penasaran? yuk,ikutin pembahasan Risa kali ini J

Indonesia,itulah nama negara tercinya yang kita tinggali ini.Negara yang mempunyai berbagai potensi kekayaan alam yang tersimpan di bumi,kekayaan laut nya,bahkan  menurut data yang Risa ambil dari  http://www.pesantrenvirtual.com/index.php?option=com_content&task=view&id=1194, Indonesia memiliki 60 ladang minyak (basins), 38 di antaranya telah dieksplorasi, dengan cadangan sekitar 77 miliar barel minyak dan 332 triliun kaki kubik (TCF) gas. Kapasitas produksinya hingga tahun 2000 baru sekitar 0,48 miliar barrel minyak dan 2,26 triliun TCF. Ini menunjukkan bahwa volume dan kapasitas BBM sebenarnya cukup besar dan  sangat mampu mencukupi kebutuhan rakyat di dalam negeri (Sumber Data ; Walhi, 2004) .

Potensi, kekayaan hutan, perkebunan, kelautan, emas dan barang-barang tambang lainnya pun termasuk dalam hal yang dimilik Indonesia.Yang juga tidak kalah berharga adalah tersimpannya berbagai warisan kebudayaan dari tiap daerah di Indonesia yang jumlahnya sekitar 33 propinsi yang terbentang dari Sabang sebelah paling Barat Indonesia hingga Merauke paling Timur dari Indonesia seperti kulinernya,tariannya serta bahasanya.

Nah,semua kekayaan budaya seperti tarian,kuliner beserta lokasi-lokasi indah sangat berpotensial untuk menjadikan Indonesia menjadi salah satu Negara yang menarik untuk dikunjungi tidak hanya kita sebagai penduduknya sendiri,tetapi juga wisatawan asing.Pemerintahpun selalu melakukan perbaikan kebijakan untuk sector pariwisata karena Kegiatan  pariwisata terkait dengan dengan industri perhotelan, restoran, sektor transportasi (baik darat, laut, maupun udara), dan yang tak kalah penting adalah produktifitas yang dilakukan oleh Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). UMKM banyak diuntungkan dengan kunjungan wisatawan, baik domestik maupun manca Negara, yang berbelanja berbagai produk kerajinan. Selain itu, pariwisata juga berperan besar dalam memberikan kesan baik (brand image) bagi Indonesia. Kesan baik ini sangat dibutuhkan agar kegiatan lain yang bersifat kenegaraan bisa berjalan dengan baik sehingga akan memicu derap perekonomian bangsa. Misalnya adalah dengan kegiatan penanaman modal asing.
          Apalagi sejak adanya program tahun kunjungan Visit Indonesia Year yang berhasil diraih Indonesia sejak tahun 2008 berbagai daerah di Indonesia mulai turut serta lebih giat dalam mempromosikan daerahnya bahkan  bukan hanya dilakukan oleh pemerintahan provinsi, tapi juga kabupaten/kota. Dari catatan Pusat Analisis Informasi Pariwisata (PAIP)
Add caption


Seperti pada  tahun 2008 terdapat :
·         Visit Musi Year 2008 di Sumatera Selatan
·         Visit Bengkulu Year 2008
·         Visit West Java Year 2008.
Kemudian pada tahun 2009 :
·          Visit Lampung Year 2009 di Lampung
·          Visit South Kalimantan Year 2009 di Kalimantan Selatan
Pada tahun 2010 juga terus berlanjut dengan adanya :
·         Visit Bangka Belitung Year 2010 di Bangka Belitung
·         Visit Batam Year 2010 di Batam
·         Visit West Kalimantan Year 2010 di Kalimantan Barat

Kemudian untuk tahun 2011 ini, ada setidaknya 6 daerah yakni:
·         Kota Banda Aceh (Visit Banda Aceh Year 2011)
·         Provinsi Jambi (Visit Jambi Year 2011) setelah ada penundaan untuk tahun 2009),
·         Kabupaten Bogor (Visit Bogor Year 2011)
·          Provinsi Jawa Timur (Visit East Java 2011)
·         Kota Makassar (Visit Makassar Year 2011)
·         Provinsi Kalimantan Timur (Visit East Kalimantan Year 2011).
Bahkan sejumlah daerah lainnya sudah menjadwalkan akan menggelar program ini untuk tahun 2012 dan 2013, diantaranya Aceh (Visit Aceh Year 2013), dan Jawa Tengah (Visit Jawa Tengah Year 2013) setelah batal tahun 2011.


Selain itu keberhasilan Pulau Komodo menjadi salah satu dari 7 keajaiban dunia yang diumumkan tanggal 11 November kemarin pun turut menambah nilai plus untuk pariwisata Indonesia dan juga elaksanaan Sea Games yang dilaksanakan tanggal 11 sampai 25 November mendatang di Palembang,Sumatera Selatan semakin membuktikan bahwa Indonesia memang layak untuk dijadikan lokasi wisata kan? J
Kali ini Risa bakal ngebahas lokasi-lokasi indah yang berpotensi berkat kekayaan alamnya.Ternyata Alam Indonesia itu unik loh,alam Indonesia memiliki kombinasi iklim tropis, 17.508 pulau yang 6.000 di antaranya tidak dihuni,serta garis pantai terpanjang ketiga di dunia setelah Kanada dan Uni Eropa.Indonesia juga merupakan negara kepulauan terbesar dan berpenduduk terbanyak di dunia menurut yang Risa baca di  http://id.wikipedia.org/wiki/Pariwisata_di_Indonesia.
Yuk,mari disimak :
1. Raja Ampat. Terletak di Propinsi Papua Barat,disini terdapat 4 pulau kecil yang mengelilingi bukit-bukit berwarna hijau dan air yang jernih.
Raja ampat memiliki banyak persamaan dengan antai Phi-Phi di Thailand.
pemandangan indah Raja Ampat


pemandangan bawah laut Raja Ampat


  2. Air terjun Moramo.Terletak di Kanawe Timur,propinsi Sulawesi Tengah.disini kita dapat menikmati pemandangan air terjun yang mirip dengan air terjun Niagara di Amerika dan Kanada.Bahkan disini kita dapat melihat dalam jarak dekat dan banyak para wisatawan yang mandi disini untuk menikmati air terjun yang sejuk.

indahnya air terjun moramo



suasana sejuk dan air yang jernih di Moramo

3. Green Canyon.Terletak di Cijulang,Ciamis,Jawa Barat.di lokasi ini kita dapat melihat lembat yang berwarna hijau diapit oleh sungai yang airnya berwarna kehijauan beserta stalaktit dan stalakmitnya. Green canyon mirip dengan Grand Canyon tetapi lebih sejuk,tidak seperti grand canyon yang gersang.
bukit hijau Green Canyon

4. Taman Sakura.Terletak di Kebun Raya Cibodas yang sudah ditanam sejak 1953.terdapat 7 macam sakura yang ditanam disini loh teman J
Biasanya berbunga sekitar Bulan Januari-Maret.
Pemandangan Indah Taman Sakura

5. Ranu Kumbolo. Terletak di Jawa Timur, danau di pegunungan Semeru dengan ketinggian 2500 meter di atas permukaan air laut. Ranu kumbolo merpakan padang rumput yang dikelilingi bukit dan gunung dengan pemandangan yang sangat indah,ditumbuhi pohon pinus seperti di Eropa.Ada yang unik loh teman, ketika suhu berada di bawah 0°c , kadang-kadang terjadi hujan salju kecil. Jika suhu sangat dingin pinggir-pinggir danau ranukumbolo bisa membeku, dan juga terlihat rumput-rumput yang memutih seperti salju karena embun yang membeku di rerumputan hal itu pula yang semakin membuat suasana seperti di Eropa.

Suasana Sejuk di Ranu Kumbolo


          Sekian yang kali ini bisa Risa bagi,semoga bisa jadi referensi buat yang mau liburan dan bisa menambah kecintaan teman-teman atas keindahan alam yang kita miliki.
                                                                                             Salam,

                                                                                               Risa J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar