Jumat, 11 November 2011

Persamaan dan Perbedaan Antara IBD (Ilmu Budaya Dasar) dan IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial)!

soal : Jelaskan persamaan dan perbedaan antara IBD (Ilmu Budaya Dasar) dan IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial)!

Perbedaan Antara  IBD dan IPS
Ilmu Budaya Dasar mengambil beberapa sumber pengertian yaitu suatu cara untuk mempelajari ciri khas suatu adat istiadat, keunikan suatu bangsa, negara dan daerah dimana dimulai dari hal yang paling kecil sekalipun hingga hal yang paling besar sekalipun. Hal tersebut akan menjadi objek dari perkuliahan kali ini sehingga mahasiswa dapat merasakanberagam ilmu budaya dasar yang ada karena sebelumnya sewaktu duduk di sekolah menengah atas hanya menerima pelajaran ilmu pengetahuan sosial.
Ilmu Pengetahuan Sosial juga mengambil beberapa makna yang bermacam – macam seperti cara mempelajari status sosial atau yang sangat berkaitan erat dengan masyrakat yang berperan dimana perhubungan seseorang dengan interaksi dan timbal balik  seseorang di suatu kaum, daerah, bangsa dan negara tempat agar dapat bersosialisasi dengan baik dan menerapkan segala pembelajaran yang telah diberikan dari semenjak duduk di bangku sekolah dasar. Hal demikian diharapkan bisa menjadi pedoman agar status sosial seseorang tidak kurang dianggap dan dibutuhkan oleh makhluk sosial yang lain.
Jadi perbedaan Ilmu Budaya Dasar dan Ilmu Pengetahuan Sosial adalah bagaimana cara seseorang mempelajari suatu hal yang menjadi objek di dalam kehidupannya dan akan menyebabkan sesuatu yang akan memberi dampak pada dirinya apabila ia menjalankankedua hal diatas dengan baik ataupun dengan buruk. Karena yang akan menentukan seseorang akan menggunakan suatu budaya dengan bersosialisasi secara langsung dan tidak langsung ialah orang tersebut .

Selain sumber yang diatas,saya pun mengambil sumber lain tentang perbedaan kedua cabang ilmu tersebut,berikut pembahasannya :
Ilmu Budaya Dasar merupakan pelajaran yang diberikan pada tingkat perguruan tinggi, sedangkan Ilmu Pengetahuan Sosial diberikan pada tingkat pendidikan dasar maupun tingkat pendidikan lanjutan menengah pertama sampai menengah atas.
Ilmu Budaya Dasar merupakan matakuliah tunggal artinya tidak memiliki kelompok mata pelajaran sedangkan Ilmu Pengetahuan Sosial adalah kelompok dari sejumlah mata pelajaran diantaranya Sejarah, Ekonomi, Geografi, Sosiologi, dan lain-lain.
Ilmu Budaya Dasar bertujuan untuk memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah manusia dan kebudayaan sedangkan Ilmu Pengetahuan Sosial bertujuan untuk pembentukan pengetahuan dan keterampilan intelektual.

Persamaan IBD dan IPS

          Sangat banyak persamaan antara IBD dan IPS,salahsatunya adlah mempelajari tentang mnusiawian yang pada dasarnya seperti yang kita ketahui kita sebagai manusia tidak bisa hidup sendiri,, jadi kita sebagai manusia haruslah bersosialisasi kepada banyak orang tanpa melihat warna kulit, umur,keturunan,kekayaan dsb.Di harapkan setelah kita mempelajari IBD ini kita bisa bersosialisasi dengan orang” dalam kehidupan sehari”.
Lalu  BERBUDAYA. maksud berbudaya di sini adalah agar kita tahu budaya kita,yang sudah jadi rahasia umum bahwa bangsa indonesia ini adalah salah satu negara yang  memiliki banyak budaya, maka dengan kita mempelajari IBD ini diharapkan kita tahu , memahami tentang budaya kita dan Selalu berusaha menjaga budaya kita agar tidak di ambil oleh negara asing!
Satu lagi persamaan IBD dan IPS  adalah Kehalusan atau tingkah laku dalam bermasyarakat..
Dalam IBD juga IPS  kita di ajarkan tata cata atau tingkah laku dalam bersosialisasi sehari” di lingkungan.baik di lingkungan yang kita sudah terbiasa dan juga lingkungan yang baru ,karena setiap lingkungan mempunyai cara pandang yang berbeda dalam bersosialisasi!maka kita harus bisa mengambill sikap yang tepat saat di lingkungan mana pun agar kita bisa di terima di lingkungan tersebut.
Sumber ; http://b3n1.ngeblogs.com/2010/02/13/persamaan-ibd-dan-ips/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar