Setelah mengetahui UKM sangat berperan penting untuk
perkembangan perekonomian di Indonesia,maka tidak heran bila pemerintah pun
sekarang mulai giat untuk menggalakkan masyarakat Indonesia untuk mengembangkan
berbagai UKM yang ada. Berbagai universitas di seluruh Indonesia pun mulai
banyak membuat sebuah wadah yang berisi program-program pengembangan untuk
produk-produk buatan mahasiswanya.
Begitupun pemerintah,pemerintah saat ini
memperlihatkan kesungguhannya dalam mendukung UKM-UKM Indonesia untuk
berkembang di kancah international.Dengan mendirikan Gedung SMESCO Indonesia
Company (SME Tower) yang terletak di bilangan Gatot Subroto,Pancoran,Jakarta.Dengan
desain khusus nan mewah yang bertujuan untuk menampilkan berbagai produk berkelas
buatan UKM asli Indonesia yang memang dipersiakan untuk pasaran internasional.
SME Tower |
Masalah branding juga sebenarnya perlu ditekankan agar UKM mampu
menembus pasar liar negeri,seperti yang dilansir pada jarring.com "Pada tahun
2012 sudah dilaksanakan program terpadu pengembangan merk produk untuk 74 UKM
yang akan dilanjutkan di tahun 2012 untuk 75 merk UKM," jelas Dody,Direktur Pemasaran
UKM Jatim EXPO.Untuk itu,pemerintah saat ini sedang terus mengembangkan
branding produk UKM yang ingin berkembang,
Saat ini sudah ada 5 UKM Indonesia yang mencapai
pasaran luar negeri untuk produknya,
1. Pandan Sari
sarung tenun pandan sari |
Pandan
Sari merupakan nama dari produk-produk kreatif yang terbuat dari kain tenun
ikat. Didirikan sejak 2 Maret 1989, awalnya Pandan Sari yang terletak di daerah
Pandaan, Pasuruan ini hanya memproduksi baju dan busana muslim yang kemudian
berkembang hingga merambah produk-produk interior, seperti sarung banta, taplak
meja, dan lain-lain.Pandan Sari lebih dikenal di luar negeri. Mulai dari
Jepang, Belgia, Amerika Serikat, Australia, hingga Arab Saudi, papar Adistya
Gumilang, salah satu pemilik Pandan Sari.
2. Rumah Kecapi
kecapi |
Rumah
Kecapi, merupakan sentra produksi kerajinan tangan alat musik kecapi yang
terletak di Kabupaten Maros, Provinsi Sulawesi Selatan. UKM milik Ikrar ini
sudah berhasil menembus pasar luar negeri dalam memasarkan produk-produknya.
Negara tujuan pemasarannya antara lain Jepang, China, Australia, dan Ceko.
Selain alat musik kecapi, UKM yang dirintis sejak akhir 2007 itu juga
memproduksi berbagai macam kerajinan berbentuk alat musik kecapi, seperti
miniatur kecapi, gantungan kunci, danmug.
Website: http://www.kecapimakassar.co.cc/
3.
House of Lawe
tas produksi house of lawe |
House
of Lawe didirikan sejak 2004 oleh lima perempuan yang peduli terhadap warisan
budaya Indonesia. Lawe memberikan sentuhan tenunan tangan tradisional lurik
pada produk sehari-hari, sepertibed cove, tas,
produk fashion, parsel,
dan lain-lain. “Salah satu pelanggan rutin saya adalah seorang wanita dari
Australia.Tiga bulan sekali ia datang ke workshop untuk membeli produk-produk
Lawe terbaru,” ujar Adinindyah, pendiri House of Lawe.
Website: http://www.houseoflawe.com/
4.
AKAS (Aneka Kerajinan Anyaman Sabut Kelapa)
AKAS
merupakan UKM yang didirikan oleh pasangan suami istri Darda – Iswati dari desa
Rantewringin Kecamatan Bulus Pesantren, Kabupaten Kebumen Tengah. Mereka
mengembangkan berbagai macam produk berbahan sabut kelapa seperti kasur, bantal
dan guling berbahan baku sabut kelapa. AKAS yang pernah mendapatkan
penghargaan, Anugerah Industri Hijau 2010, dari Kementerian Perindustrian RI
ini telah memasarkan produknya hampir ke seantero Indonesia, mulai dari
Sumatera, Kalimantan, Jawa, Bali, hingga Irian.
Sekitar
20% dari produksinya diekspor ke Malaysia, Hong Kong, dan beberapa negara lain.
5. Pourvous
Diproduksi
oleh ibu rumah tangga bernama Laila Asri.
Pada tahun 2008 Pourvous meraih dua penghargaan yaitu
Pemenang Penghargaan Kompetisi UKM 2008 yang diselenggarakan Majalah Femina dan
Kementrian Koperasi dan UKM Republik Indonesia serta Pemenang I Regional Jawa
Timur, Bali & Nusa Tenggara sebagai Wirausaha Muda Mandiri 2008 dari Bank
Mandiri. Untuk pengalaman di luar negeri, Porvous pernah mengikuti pameran
Malaysia International Halal Show tahun 2009 yang silam.
Website: www.rumahcantikku.com
Demikian beberapa UKM yng mampu menembus pasaran
Internasional.Diharapkan kita para genersi penerus bangsa dapat terus
mengembangkan UKM untuk meningkatkan kegiatan perekonomian Indonesia.
sumber :
www.gunadarma.ac.id |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar