Sabtu, 24 November 2012

Jaringan Pemuda Sukses UKM


Pemuda memang belum banyak melirik UKM sebagai salah satu bidang usaha yang dapat kita bangun walaupun masih berstatus sebagai mahasiswa.Mungkin tidak banyak yang tau bahwa banyak mahasiswa yang sukses merintis UKM yang bahkan sudah diakui di kancah internarnational.Berikut beberapa pemuda membanggakan yang sukses merintis UKM di berbagai bidang.

Bidang Konveksi (Ditribution Store)

Kusdarmawan Aryo Baskoro membuktikan, di usianya yang masih muda, 28 tahun, dia mampu meraup omzet miliaran rupiah setahun dari usaha distro yang dirintisnya di Solo.

Kata distro alias distribution outlet tentu sudah tidak asing di telinga masyarakat Indonesia. Toko pakaian jenis ini masih eksis hingga sekarang lantaran masih menjadi kiblat fashion anak muda di hampir semua kota besar. Bahkan, tidak sedikit anak muda yang sukses menjadi juragan distro ini, salah satunya adalah Kusdarmawan Aryo Baskoro.

Mengusung nama perusahaan Rawn Divisions, semua merek yang diproduksi oleh pria yang akrab dipanggil Ryo ini dilabeli dengan nama Rown. Nama ini merupakan kependekan dari Ryo Owner atau bisa juga diartikan tapak alias jejak kaki. "Harapan saya, produk bisnis yang saya bangun ini bisa menapak di mana-mana," ujar pemuda kelahiran Surakarta, 9 November 1984, yang boleh dibilang sukses menjadi juragan distro di kotanya itu. 
Elang Gumilang

Distro Rown Divisions

tampilan dalam distro


Bidang Properti

Elang Gumilang pernah berjualan donat, minyak goreng, lampu, hingga membuka kursus bahasa Inggris. Saat memutuskan terjun di dunia properti, lalu membangun rumah sederhana pertamanya sekitar lima tahun lalu, dia baru berumur 22 tahun. Kini Elang sudah membangun ribuan rumah dan memberi lapangan kerja bagi ratusan orang.

Ia masih muda, bersemangat, dan cukup berhasil di bidang properti. Keuntungan usahanya menembus angka miliaran rupiah per tahun. Setidaknya dalam lima tahun terakhir, Elang Group mengembangkan sembilan perumahan di Kabupaten Bogor dan Kabupaten Sukabumi.

Luas dan jumlah rumah yang dikembangkannya bervariasi, mulai  kompleks perumahan seluas 1,5 hektar dengan jumlah sekitar 100 unit rumah, hingga kompleks seluas belasan hektar dengan jumlah rumah lebih dari 500 unit.


Bidang Kerajinan Tangan

Melalui Rawigi Craft 153, Roma telah berhasil mengangkat produk lokal Sumut lebih luas. Ia kerap diikutsertakan dalam ajang eksibisi UKM tingkat nasional

Kerajinan tangan (handy craft) merupakan salah satu primadona dalam perkembangan industri kreatif di Indonesia dalam beberapa tahun belakangan ini. Pemerintah, melalui Departemen Perindustrian dan Perdagangan, selama lima tahun tahun belakangan, terus melakukan upaya untuk mengangkat pengrajin dari daerah-daerah Indonesia, di antaranya dengan menggelar eksibisi tingkat nasional untuk menjaring pelaku-pelaku industri kerajinan tangan guna diangkat ke permukaan. Para pelaku industri tersebut tak hanya dianggap mampu memberi kontribusi perekonomian dari sektor usaha kecil menengah, namun juga telah berperan mengangkat produk-produk Indonesia di jajaran produk Internasional.


Bidang Teknologi dan Informasi (Web Hosting)

Muda dan sukses. Image itulah yang lekat pada sosok yang satu ini. Di usianya yang baru menginjak 25 tahun, dia berhasil memimpin perusahaan yang sudah dirintis sejak tahun 2005, yaitu Qwords. Perusahaan ini menjadi salah satu perusahaan web hosting top di Indonesia, bahkan di tahun 2012, salah satu kantor cabangnya akan dibuka di Singapura. Sebuah perjalanan panjang dari seorang Rendy Maulana Akbar.

Tepatnya pada tanggal 24 Agustus 2005, perusahaan ini terlahir. Semua masih dikerjakan secara mandiri oleh Rendy di sekitar ITB dan kost-nya. Produk dan layanan yang ditawarkan sangat beragam, atau malah bisa dibilang masih bisnis Palu Gada (Apa Lu Mau Gua Ada). Hingga akhirnya di tahun 2007, setelah mengontrak kantor dan memiliki dua pegawai karena sudah tidak sanggup menangani sendirian, usahanya mulai fokus di pembuatan website dan hosting saja.



Semoga pembahasan mengenai pengusaha muda diatas dapat menggungah hati kita semua untuk terus mengembangkan UKM untuk meningkatkan perekonomian Negara kita tercinta ini.


sumber :  





www.gunadarma.ac.id

1 komentar: