Kamis, 10 Oktober 2013

Segmentasi Pasar dan Analisis Demografi

Jika kita membicarakan tentang segmentasi psar, hal yang berkaitan erat  adalah pasar sasaran dam positioning dari suatu produk yang ingin kita pasarkan. Lalu apakah yang dimaksud dengan segmentasi pasar, pasar sasaran dan positioning?

Untuk mempermudah pengertiannya,  saya akan mencoba memberikan sebuah ilustrasi. Seorang pemasar, jarang dapat memuaskan semua orang dalam sutu pasar, karena setiap orang mempunyai selera yang berbeda-beda.  Karena itu, pemasar membagi –bagi pasar ke dalam segmen-segmen dengan mengidentifikasikan profil dari kelompok pembeli yang beragam dengan meneliti perbedaan demografis, psikografis dan perilaku di antara pembeli itu sendiri. Setelah mengidentifikasi segmen pasar pemasar lalu memutusksan segmen mana yang memberikan peluang terbesar. Segmen itulah yang menjadi pasar sasarannya. Setelah itu dibutukan pemberian posisi (positioning) di dalam pembeli agar menjadi keuntungan utama.

Jadi, segmen pasar terdiri dari sekelompok pelanggan yang memiliki sekumpulan kebutuhan dan keinginan yang serupa. Tugas pemasar adalah mengidentifikasi segmen dan memutuskan segmen mana yang akan dibidik.  Dengan menentukan segmentasi pasar, maka perusahaan atau pemasar dapat  memberi harga dan menghantarkan produk dan jasa dengan tepat sasaran, sehingga kepuasan konsumen pun pasti akan terpenuhi.

Dalam menentukan segmen pasar, kita dapat menggunakan 3 segmen preferensi :
1.     Preferensi Homogen => ada ketika semua konsumen memiliki preferensi yang hampir sama
2.     Preferensi terdifusi => Ketika konsumen memiliki preferensi yang bervariasi
3.     Preferensi kelompok => dihasilkan ketika segmen pasar alami muncul dari kelompok konsumen yang memiliki preferensi sama.

Dalam menentukan segmentasi pasar, biasanya dengan melihat karakteristik desriptif yaitu :
1.     Geografis => Memerlukan pembagian pasar menjadi beberapa unit geografis seperti Negara bagian, kabupaten , kota.
2.     Demografis =>Membagi pasar menjadi beberapa kelompok berdasarkan variabel usia, ukran keluarga, siklus hidup keluarga, jenis kelamin, penghasilan, pekerjaan, pendidikan, agama, ras, kebangsaan, dan kelas sosial.
3.     Psikografis => Psikografi dalah ilmu untuk menggunakan psikologi dan demografi guna lebih memahami konsumen.


Demikian sedikit pembahasan tentang segmentasi pasar yang ternyata sangat berguna untuk memudahkan pemasar dalam menemukan pasar sasarannya untuk mencapai keuntungan yang maksimal.

Sumber :

Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 1 ; Philip Kotler dan Kevin Lane Keller.


www.gunadarma.ac.id

1 komentar: