Jika kita membicarakan tentang segmentasi psar, hal
yang berkaitan erat adalah pasar sasaran
dam positioning dari suatu produk yang ingin kita pasarkan. Lalu apakah yang
dimaksud dengan segmentasi pasar, pasar sasaran dan positioning?
Untuk mempermudah pengertiannya, saya akan mencoba memberikan sebuah ilustrasi.
Seorang pemasar, jarang dapat memuaskan semua orang dalam sutu pasar, karena
setiap orang mempunyai selera yang berbeda-beda. Karena itu, pemasar membagi –bagi pasar ke
dalam segmen-segmen dengan mengidentifikasikan profil dari kelompok pembeli
yang beragam dengan meneliti perbedaan demografis, psikografis dan perilaku di
antara pembeli itu sendiri. Setelah mengidentifikasi segmen pasar pemasar lalu
memutusksan segmen mana yang memberikan peluang terbesar. Segmen itulah yang
menjadi pasar sasarannya. Setelah itu dibutukan pemberian posisi (positioning)
di dalam pembeli agar menjadi keuntungan utama.
Jadi, segmen pasar terdiri dari sekelompok pelanggan
yang memiliki sekumpulan kebutuhan dan keinginan yang serupa. Tugas pemasar
adalah mengidentifikasi segmen dan memutuskan segmen mana yang akan dibidik. Dengan menentukan segmentasi pasar, maka
perusahaan atau pemasar dapat memberi
harga dan menghantarkan produk dan jasa dengan tepat sasaran, sehingga kepuasan
konsumen pun pasti akan terpenuhi.
Dalam menentukan segmen pasar, kita dapat menggunakan 3
segmen preferensi :
1.
Preferensi
Homogen => ada ketika semua konsumen memiliki
preferensi yang hampir sama
2. Preferensi terdifusi => Ketika konsumen memiliki preferensi
yang bervariasi
3.
Preferensi
kelompok => dihasilkan ketika segmen pasar alami
muncul dari kelompok konsumen yang memiliki preferensi sama.
Dalam menentukan segmentasi pasar, biasanya dengan
melihat karakteristik desriptif yaitu :
1.
Geografis => Memerlukan
pembagian pasar menjadi beberapa unit geografis seperti Negara bagian,
kabupaten , kota.
2.
Demografis =>Membagi pasar
menjadi beberapa kelompok berdasarkan variabel usia, ukran keluarga, siklus
hidup keluarga, jenis kelamin, penghasilan, pekerjaan, pendidikan, agama, ras,
kebangsaan, dan kelas sosial.
3.
Psikografis => Psikografi
dalah ilmu untuk menggunakan psikologi dan demografi guna lebih memahami
konsumen.
Demikian
sedikit pembahasan tentang segmentasi pasar yang ternyata sangat berguna untuk
memudahkan pemasar dalam menemukan pasar sasarannya untuk mencapai keuntungan
yang maksimal.
Sumber :
Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 1 ; Philip Kotler
dan Kevin Lane Keller.
www.gunadarma.ac.id |
Terimakasih atas informasinya " nambah" pengetahuan
BalasHapus